5 Tips Efektif Mencegah Bau Mulut tak Sedap
09 Agustus 2013 - dibaca : 2.809 kali

5

Apakah Anda mencari solusi untuk menangani bau mulut tak sedap? Halitosis atau bau mulut yang tidak sedap memang tidak menyenangkan. Bau mulut yang tak sedap bisa membuat orang lain menjadi tidak nyaman ketika berinteraksi dengan kita. Selain itu, bau mulut yang tak sedap bisa merusak citra diri. Menghilangkan masalah bau mulut sepertinya mudah, tapi ternyata banyak yang masih merasa frustasi karenanya. Banyak orang mencoba memecahkan masalah bau mulut mereka dengan membeli obat yang mahal, namun tidak semuanya efektif. Berikut 5 tips efektif yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya bau mulut yang tak sedap tanpa harus mengeluarkan banyak uang, yaitu:

1. Menyikat dan Membersihkan Gigi dengan Benang Gigi (Dental Floss) Setiap Hari

Menyikat gigi dan menggunakan benang gigi (dental floss) dengan tepat bisa mencegah munculnya bau mulut yang tidak sedap. Jika dilakukan dengan tidak tepat, maka sisa makanan di mulut dan gigi tidak bisa dibersihkan secara maksimal dan masih tertinggal. Kondisi ini akan meningkatkan aktivitas bakteri di dalam mulut sehingga menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

2. Konsumsi Buah yang Kaya Vitamin C

Mengonsumsi banyak buah-buahan yang kaya akan vitamin C bisa membantu melawan bau mulut yang tidak sedap. Keasaman dalam buah yang kaya vitamin C bisa membunuh bakteri anaerob yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

3. Banyak Minum

Salah satu penyebab bau bau mulut tak sedap adalah mulut kering atau yang disebut juga xerostemia. Oleh karena itu, banyaklah minum air setiap hari, minimal 2 liter.

4. Mengunyah Permen Karet

Saat Anda berada diperjalanan dan tidak menemukan waktu senggang untuk menggosok gigi atau membersihkan gigi dengan dental floss, solusi terbaik adalah mengunyah permen karet rendah gula. Mengunyah permen karet akan membantu menghasilkan air liur dalam mulut dan membantu menghilangkan bakteri.

5. Kunjungi Dokter Gigi secara Rutin

Beberapa masalah gigi yang parah seperti kerusakan gigi dan infeksi gusi membutuhkan keahlian dokter gigi. Mengunjungi dokter gigi secara rutin, minimal 6 bulan sekali adalah salah satu cara untuk mencegah munculnya masalah bau mulut yang tak sedap.


Terpopuler