Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Infeksi Jamur
27 Mei 2013 - dibaca : 7.328 kali

Gejala, Pencegahan dan Pengobatan Infeksi Jamur

Definisi Dermatofit

Dermatofit adalah sejenis jamur penyebab infeksi jamur kulit. Jamur dalam kategori ini diklasifikasikan dalam tiga genus antara lain: Microsporum, Trichophyton, dan Epidermophyton.Jenis infeksi yang biasanya terjadi seperti kaki atlet (tinea pedis), kurap dan kandidiasis kulit. Infeksi jamur yang akut dan kronis dapat menyebar ke organ atau darah juga invasi melalui lapisan kulit.

Gejala Infeksi Kulit oleh Jamur

Infeksi jamur pada kulit biasanya mulai muncul sebagai ruam. Berbentuk cincin bintik-bintik merah gatal dengan pusat yang jelas adalah gejala dari infeksi kurap. Kaki atlet muncul sebagai ruam gatal di antara jari-jari kaki. Hal ini dapat disertai dengan iritasi ringan atau retak pada kulit. Dalam beberapa kasus, kulit menjadi rentan terhadap rasa sakit dan infeksi bakteri. Nail kurap mempengaruhi kuku dan kurap kulit kepala mempengaruhi kulit kepala dan menular pada anak-anak. Infeksi Candida mempengaruhi hot spot sebagai lipatan kulit dan daerah popok. infeksi jamur sering terjadi pada bagian tubuh yang dapat menyebabkan ruam dan di tempat lain dalam tubuh. Ini berarti reaksi alergi terhadap jamur.

Pencegahan Infeksi Jamur Kulit

ada pepatah yang mengatakan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati.Oleh karena itu, di bawah ini saya tuliskan beberapa yang dapat anda lakukan untuk mencegah infeksi jamur.

- Gunakan pakaian & pakaian dalam yang menyerap keringat
- Hindari penggunaan pakaian yang berlapis-lapis atau tebal, terutama di daerah tropis/panas
- Jangan gunakan pakaian & alas kaki yang basah
- Keringkan tubuh setiap kali setelah mandi atau terkena air
- Ganti pakaian dalam & kaus kaki setiap hari
- Gunakan alas kaki di tempat umum
- Jangan saling meminjam pakaian & sepatu dengan orang lain
- Obati hewan peliharaan yang terkena infeksi kulit

Pengobatan untuk Infeksi Jamur Kulit

Tertekannya sistem kekebalan, diabetes dan penggunaan antibiotik atau steroid merupakan faktor predisposisi untuk infeksi jamur. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melemah, merupakan salah satu solusi untuk mengobati infeksi jamur. Anda juga dapat menggunakan krim anti jamur dan obat-obatan. Anda harus menjaga daerah yang terinfeksi agar senantiasa bersih dan kering, serta hindari menggaruk daerah yang terinfeksi. Penggunaan krim hidrokortison ringan berguna untuk menghilangkan rasa gatal. Sebelum memilih opsi pengobatan yang lebih baik sangat di anjurkan untuk meminta nasihat dan saran dokter atau penyedia layanan kesehatan yang profesional tentang kondisi medis anda.

Faktor risiko untuk Infeksi Jamur

Beberapa faktor risiko untuk infeksi kulit jamur dari beberapa yang tercantum di bawah ini:

* Penggunaan antibiotik : Walaupun antibiotik dapat membantu mengobati berbagai infeksi, tetapi juga dapat menurunkan jumlah bakteri menguntungkan yang hidup di dalam tubuh, sehingga memberikan kesempatan bagi jamur untuk menginfeksi.

* Penggunaan kortikosteroid : Kortikosteroid biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan kulit dan berbagai gangguan kulit. Namun, jenis obat ini mengurangi respon kekebalan tubuh kita dan dapat menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi pertumbuhan jamur.

* Kondisi medis : Orang dengan diabetes yang menderita beberapa beberapa jenis kanker, seperti leukemia lebih rentan terhadap infeksi jamur.

* Sistem kekebalan : Kemoterapi (pengobatan kanker) dan AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, memberikan kesempatan untuk tumbuh jamur.

* Faktor lingkungan : Infeksi jamur yang paling sering mempengaruhi daerah basah tubuh, termasuk vagina dan mulut. Bahkan kaus kaki dan sepatu yang basah karena keringat meningkatkan kemungkinan infeksi jamur.

* Keturunan : Beberapa orang secara genetik cenderung untuk terinfeksi jamur. Bila terkena penyakit menular lebih rentan terhadap infeksi jamur.


Terpopuler