Pilih Mana, Lari Atau Jalan Kaki?
03 Juli 2013 - dibaca : 1.759 kali

Pilih

Menurut sebuah studi, jalan kaki sebetulnya juga memiliki manfaat yang sama dengan berlari. Keduanya sama-sama efektif meredakan stres, menurunkan kolesterol, risiko penyakit diabetes, dan juga risiko penyakit jantung. Namun terkait dengan alasan-alasan tertentu, jalan kaki justru dinilai lebih baik dibandingkan dengan lari. Bagaimana bisa? Simak ulasannya berikut ini yang disadur dari Mother Nature Network.

Alasan Mengapa Memilih Jalan Kaki

1. Sistem Imun

Jalan kaki dapat memberikan manfaat kesehatan untuk jangka panjang. Jalan kaki tidak membahayakan sistem imun tubuh anda jika dibandingkan dengan lari. Selain itu, lari, terutama lari maraton juga memiliki risiko membakar jaringan otot. Hal inilah yang pada akhirnya membuat sistem imun melemah, dan tubuh jadi lebih rentan terserang penyakit.

2. Kesehatan Jantung

Lari tidak disarankan bagi orang yang mempunyai kondisi jantung lemah. Hal ini karena berlari dapat membahayakan kesehatan jantung mereka. Namun demikian, alternatif aktivitas fisik bagi penderita jantung lemah selain berlari adalah jalan kaki, dimana manfaat kesehatan yang bisa diperoleh juga tidak kalah baiknya.

3. Persendian

Ada beragam kasus cedera yang dialami para atlet lari atau pelari. Mereka juga cenderung mengalami peradangan di bagian persendian seperti pinggang, kaki, dan sendi lainnya. Hal ini dikarenakan berlari akan mengurangi ‘cairan pelumas’ yang ada di bagian sendi tubuh. Namun hal tersebut tidak terjadi pada orang yang rutin jalan kaki.

4. Tulang rawan

Selain persendian, lari dalam jangka panjang juga berisiko menyebabkan masalah pada tulang rawan yang akan mengalami degradasi. Permasalahan pada tulang rawan ini bisa memicu terjadinya beberapa penyakit, misalnya osteoartritis.

5. Sengatan panas

Cuaca yang panas memanglah saat yang tidak ideal untuk berlari, karena berisiko tinggi terkena kondisi sengatan panas. Walaupun jalan kaki pada siang hari juga mempunyai risiko yang sama dengan berlari, akan tetapi risiko tersebut lebih rendah daripada lari. Jadi, daripada anda berlari di siang hari dengan tujuan untuk membakar lemak lebih banyak, sebaiknya anda jalan kaki saja karena manfaatnya pun juga sama baik.

Artikel ini tidak bermaksud mendoktrin anda untuk menjauhi olahraga lari. Anda yang mengerti kondisi tubuh anda sendiri. Jika kondisi tubuh anda tidak memungkinkan (seperti memiliki riwayat jantung lemah) maka memang sebaiknya anda tidak memilih olahraga lari. Sebaliknya, anda disarankan untuk berjalan kaki saja, karena juga memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah dengan lari. Semoga bermanfaat.


Terpopuler