Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Definisi, Penyebab, Pengobatan atau Cara Mengatasi Suara Serak
20 Januari 2014 - dibaca : 5.048 kali

Definisi, Penyebab, Pengobatan atau Cara Mengatasi Suara Serak

Definisi : Perubahan kualitas suara menjadi kasar, lemah atau hilang.

 

Mekanisme terjadinya suara : Proses terjadinya merupakan suatu hal yang sangat kompleks. Proses dimulai dengan pernapasan. Udara dihirup (inspirasi) sehingga diafragma akan membesar kebawah dan udara mengisi paru. Pada waktu mengeluarkan udara, terjadi kontraksi otot dada dan diafragma maka udara akan terdorong keluar. Untuk memproduksi suara maka otot adductor pita suara ( “vocal fold closer”) akan kontraksi. Kontraksi ini akan menyebabkan pita suara tertutup. Udara dari paru lalu membentur pita suara yg tertutup Ketika udara melewati celah antara pita suara maka pita suara akan terbuka. Pada saat itu juga terjadi penurunan tekanan udara di celah pita suara sehingga udara tersedot dan celah akan tertutup kembali ( Bernoulli effect). Hal ini menyebabkan getaran pada pita suara (vibrasi). Proses ini berlangsung ratusan bahkan ribuan kali perdetik sehingga akan menghasilkan apa yang kita sebut SUARA (VOICE). Suara yang dihasilkan lalu akan dibentuk lagi oleh kontraksi otot tenggorok dan rongga mulut untuk membentuk artikulasi sehingga terjadi proses bicara (SPEECH).

 

Penyebab suara serak :

  1. Peradangan : laringitis
  1. Vocal misuse/overuse : Nodul (singer node), kista,polip
  2. Parese pita suara
  3. Tumor : jinak dan ganas

Pemeriksaan: THT, laringoskopi, stroboskopi, analisis suara, foto thorax.

Pengobatan : Antibiotika, istirahat suara, anti radang, anti reflux, operasi.

Perawatan suara :

  1. Jangan merokok
  1. Banyak minum air putih, hindari minuman berkafein
  2. Kurangi berdehem ( “throat clearing” ) berlebihan
  3. Hindari minuman beralkohol
  4. Jangan menggunakan suara berlebihan (“Vocal abuse”) seperti berteriak, berbisik, menyanyi waktu sedang flu,  berbicara ditempay bising
  5. Hindari penggunaan “mouthwash” yg mengandung alcohol berlebihan
  6. Olahraga teratur
  7. Istirahat cukup
  8. Selalu melakukan pemanasan sebelum menggunakan suara dalam waktu lama/menyanyi dan cooling down sesudahnya.

Tips untuk “professional voice user” untuk meningkatkan kesehatan dan mengoptimalkan fungsi pita suara :

  1. Konsultasi pada seorang dokter spesialis THT pada waktu sehat untuk mengetahui kondisinya dan sebagai data dasar kalau menghadapi problema suara dikemudian hari.
  1. Cukup minum air putih paling tidak 8 gelas perhari untuk menjaga kelembaban pita suara. Sebab pita suara yang kering akan mudah cedera dan infeksi.
  2. Selalu pemanasan sebelum menyanyi dan cooling down sesudahnya.
  3. Tahu batas suara kita (batas suara tertinggi dan terendah).
  4. Kita harus tahu efek samping obat yang kita minum.
  5. Lakukan “vocal screening” tiap hari untuk mengetahui ada problem atau tidak.
  6. Jika menyanyi “live” dengan Band gunakan monitor atau pakai “speaker” di telinga sehingga suara kita bias terdenga jelas dan kita dapat mengatur suara kita.
  7. Hindari makanan yang pedas, asam, alcohol, kopi dan jangan merokok.

Pemanasan pita suara (Vocal warm-up) : Pada saat akan berolahraga kita harus melakukan pemanasan untuk mencegah cedera. Maka pada pita suara juga perlu dilakukan pemanasan pada professional voice user sebelum menyanyi atau pidato. Pemanasan bertujuan untuk peregangan (stretching) pd pita suara dan meningkatkan aliran darah ke pita suara. Hal ini akan mencegah cedera pada pita suara. Cara yg mudah adalah mengucapkan staccato “ ha-ha –ha” pada skala 1-3-5. Lalu untuk artikulasi mengucapkan secara cepat “me-may-mah-mo-mu”.

Vocal cool-down : Seperti pada olahraga, proses cool down dilakukan untuk mencegah cedera pada otot. Setelah berlari lama seorang atlet tidak boleh langsung berhenti mendadak karena akan menyebabkan “kram “ otot. Pada waktu menyanyi atau pidato akan terjadi peningkatan aliran darah ke pita suara. Tindakan berhenti menyanyi mendadak akan menyebabkan penumpukan darah pada pita suara.

Vocal self-screening

Kita dapat melakukan skrining suara kita setiap hari sebelum tampil untuk mengetahui ada tidaknya problem pada pita suara kita. Salah satu cara adalah kita melakukannya pada waktu sehat sehingga kita tahu data dasarnya:

1.     Speaking Fundamental Frequency : caranya kita bersuara “mm-hmmm” dengan nada seperti kalau kita berbicara beberapa kali. Lalu cocokkan nada tersebut dengan nada pada piano. Kita catat nada tersebut itulah yg disebut sebagai “speaking fundamental frequency”.

2.     Maximum Phonation Time : Caranya kita bersuara “aaa-h” selama mungkin tanpa putus, normalnya pada orang dewasa 15-20 detik. Kalau waktunya kurang kemungkina ada problem pada pita suara.

3.     Vocal range: Ketahui vocal range (jangkauan suara) dari nada tertinggi sampai nada terendah, cocokkan dengan piano. Umumnya vocal range antara 18-24 not. Bila kurang dari itu mungkin ada problem pada pita suara.

4.     Vocal fold efficiency S to Z ratio : normal 1 : 1

 

Selain itu, ada juga beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengembalikan suara normal Anda diantaranya

- Dengan mengkonsumsi buah delima
Dengan mengkonsumsi buah delima langsung dimakan tetapi jangan lupa membuang bijinya agar tidak tertelan

- Jeruk nipis dan kecap asin
Mencampurkan air perasan jeruk nipis lalu kemudian campurkan juga kecap asin pada air jeruk tersebut untuk menyamarkan rasanya yang masam

- Memperbanyak air putih
Meminum air putih sebanyak-banyaknya juga bisa dijadikan penyembuhan untuk suara serak dan hilang Anda. Tidak perlu mencampur dengan apa-apa, cuku meminum air putih sebanyak-banyaknya.

- Hindari terkena paparan debu
Lingkungan memang berpengaruh besar pada kondisi tubuh, makan ada baiknya kita menjaga khususnya saluran pernafasan kita agar tidak terkena lingkungan yang kotor dan berdebu karena pasti akan membawa penyakit

- Berhenti merokok
Jika Anda merokok dan kemudian mengalami suara Anda hilang atau serak, ada baiknya Anda mulai berhenti merokok agar tidak menjadi kian memarah.

Menghemat bicara
Ada baiknya Anda beristirahat lalu minimalkan intensitas bicara Anda agar tenggorokan Anda dapat pulih dengan cepat. Berbicara dengan bisik-bisik bisa mengurangi daya kita untuk berbicara

Itu yang harus dilakukan jika Anda sudah terlanjur mengalami suara hilang dan serak. Namun mencegah lebih baik daripada mengobati. Anda bisa dengan menggunakan masker untuk menghindari pernghirupan udara kotor, atau tertular virus flu yang menyebabkan suara serak dan laring menjadi perih. Semua itu bisa Anda lakukan, tetapi jika suara serak dan hilang telah menghampiri maka pilih salah satu cara diatas yang menurut Anda gampang kemudian lakukan secara rutin agar penyembuhan dapat berjalan cepat sehingga Anda bisa kembali menikmati makanan dan juga dapat kembali bersuara tanpa rasa sakit yang mengganggu.

 

sumber : mitrakeluarga.com, tipskesehatan.web.id


Terpopuler