Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Pengertian Inti Atom
03 November 2012 - dibaca : 24.888 kali

Pengertian Inti Atom

Inti atom adalah inti atom yang bermuatan positif, dan berkonsentrat lebih dari 99,9% dari total massa atom.

Terdiri dari proton dan neutron (disebut nukleon) yang disimpan bersama-sama melalui interaksi yang kuat, yang memungkinkan inti menjadi stabil, meskipun proton saling tolak menolak (sebagai tiang seperti dua magnet) . Jumlah proton dalam inti menentukan unsur kimia dimana proton tersebut berasal. Inti atom memiliki jumlah proton yang sama, tetapi jumlah neutron yang berbeda, isotop diketahui untuk alasan ini, atom merupakan suatu unsur dapat memiliki massa yang berbeda.

Adanya inti atom itu disimpulkan dari percobaan Rutherford, yang dicoba dengam lembaran tipis emas dengan partikel alfa adalah nukleus helium yang dipancarkan oleh batuan radioaktif. Sebagian besar partikel menembus lembaran, tetapi beberapa melambung, menunjukkan adanya inti atom kecil.

Bentuk dan ukuran inti

Inti atom jauh lebih kecil dari ukuran asli atom (antara 10 000 dan 100 000 kali lebih kecil). Juga mengandung lebih dari 99% dari massa sehingga kepadatan massa inti sangat tinggi. Inti atom memiliki semacam struktur internal, seperti neutron dan proton tampaknya mengorbit sekitar satu sama lain, sebuah fakta yang diwujudkan dalam keberadaan peristiwa magnetik nuklir. Namun, percobaan menunjukkan bahwa inti sangat mirip dengan bola atau elipsoid kompak 10-15 m (= 1 fm), yang tampaknya kepadatan yang konstan. Tentu radius ini sangat bervariasi dengan jumlah proton dan neutron, inti atom yang lebih berat dan partikel lebih agak lebih besar.

Stabilitas inti

Inti atom berperilaku seperti partikel komposit pada energi rendah cukup. Selanjutnya, sebagian besar inti atom di bawah berat atom tertentu dan juga menunjukkan keseimbangan antara jumlah neutron dan jumlah proton (atom) adalah stabil. Namun, kita tahu bahwa neutron dan inti terisolasi dengan neutron terlalu banyak (proton atau terlalu banyak) tidak stabil.

 


Terpopuler