Moyang Mamalia Tak Sekecil Perkiraan
20 Oktober 2012 - dibaca : 7.424 kali

Moyang Mamalia Tak Sekecil Perkiraan

Studi genetik mengungkap bahwa moyang mamalia modern tak sekecil yang diperkirakan. Ukuran moyang mamalia mungkin seukuran kera kecil.

Data fosil menunjukkan adanya fosil mamalia besar. Namun, mamalia besar itu diperkirakan punah bersama dinosaurus. Dengan demikian, ilmuwan berpandangan bahwa mamalia modern berevolusi dari mamalia kecil yang survive.

Nicolas Galtier dari Institute of Evolutionary Sciences di Montpellier, Perancis, menganalisis genom 36 mamalia modern dan berupaya memperkirakan genom moyangnya.

Rekonstruksi genom secara detail memang sulit dilakukan, tetapi Galtier mengungkap dua karakteristik penting, ukuran tubuh dan umur. Terungkap, moyang mamalia modern punya berat setidaknya 1 kilogram dan bisa berumur lebih dari 25 tahun. Nenek moyang mamalia modern tak sekecil yang diperkirakan.

Michael Novacek dari American Museum of Natural History di New York meragukan riset Galtier. Menurutnya, fosil menunjukkan bahwa hewan pengerat yang muncul setelah kepunahan dinosaurus berukuran kecil. "Tak ada keraguan soal itu," kata Novacek.

Namun seperti diberitakan New Scientist, Minggu (7/10/2012), Galtier mengatakan bahwa data fosil tidak lengkap. Mamalia besar yang kemudian berevolusi menjadi mamalia modern, termasuk hewan pengerat, mungkin gagal menjadi fosil.

 

 

 

sumber : kompas.com


Terpopuler