Masjid Agung Banten, Gelora Dakwah Kerajaan Banten
06 September 2012 - dibaca : 22.321 kali

Masjid Agung Banten, Gelora Dakwah Kerajaan Banten

Banten Lama, - Banten sejak lama dikenal sebagai pusat penyebaran Islam di ujung paling barat Pulau Jawa. Karena itu, serupa dengan kesultanan lain di Pulau Jawa, Kesultanan Banten memiliki masjid Agung sebagai sarana dakwah dalam masyarakat Banten.

Masjid Agung Banten terltek di Kompleks Banten Lama, sekitar 10 km utara kota Serang. Masjid ini, dibangun sekitar tahun 1522-1570 oleh Sultan Maulana Hasanuddin. Kekhasan bangunan masjid ini adalah atap bangunan yang menyerupai pagoda China. Masjid ini memang memadukan tradisional Jawa dan China.

"Didalam masjid ini terdapat kompleks makam Sultan-sultan Banten serta keluarganya," papar Alwi Shahab, pemerhati sejarah kepada peserta Melancong Bareng Abah Alwi edisi Menelusuri Jalan Daendels, Ahad (20/3).

Abah Alwi, demikian sapaan akrabnya, mengatakan selain arsitekturnya yang khas, bangunan Masjid ini juga memiliki menara setinggi 30 meter. Untuk mencapai ujung menarah, ada 83 anak buah tangga yang harus dilalui. Dari atas menara ini, lanjut Abah menjelaska, pengunjung dapat melihat pemandangan di sekitar Masjid dan perairan lepas pantai.

"Dahulu selain digunakan tempat mengumandangkan azan, menara yang dbuat oleh Hendick Lucasz Cardeel (Pangeran Wiraguna) ini digunakan sebagai tempat menyimpan senjata," pungkasnya.

 

sumber : arkeologi.web.id

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler