Seberapa Penting Tendangan Bayi dalam Rahim?
14 Oktober 2012 - dibaca : 13.648 kali

Seberapa Penting Tendangan Bayi dalam Rahim?

Selain mengetahui detak jantungnya, merasakan tendangan bayi untuk pertama kalinya adalah cara untuk memastikan bahwa ada mahluk kecil yang sehat di dalam kandungan. Kebanyakan perempuan mulai merasakan tendangan tersebut di usia kehamilan 17-22 minggu.

"Ultrasonografi anatomis secara rutin pada usia kehamilan 19 sampai 20 minggu akan membantu kita mengonfirmasi kelangsungan hidup kehamilan kita, dan menentukan lokasi plasenta," ujar spesialis pengobatan ibu dan janin  Alice Cootauco, MD, dari St. Joseph Medical Center di Baltimore. "Jika plasenta dalam posisi tertentu sehingga menghalangi gerakan janin, tendangan pertamanya akan lebih sulit terasa."

Saat si kecil melancarkan tendangannya, Anda mungkin akan merasa seperti ditepuk dari dalam, seperti ada rasa mulas yang kuat, atau gelembung udara yang naik ke permukaan, membesar, lalu pecah. Ada juga yang merasa perut menjadi sedikit kembung, atau yang lebih jelas seperti dorongan ringan dari dalam.

Memperhatikan gerakan janin di dalam rahim juga dapat memastikan bahwa janin masih aktif, sehingga tidak terjadi kelahiran mati. Itu sebabnya, ibu hamil diajak untuk memonitor atau menghitung tendangan bayi mulai usia kehamilan 28 minggu. Hal ini menjadi cara yang mudah untuk memonitor kondisi bayi.

"Kebanyakan wanita yang mengamati pengurangan gerakan janin masih akan melahirkan bayi yang sehat. Yang perlu diperhatikan adalah jika (pengurangan gerakan) itu terjadi berulang-ulang," ujar spesialis kebidanan dan kandungan Ruth Fretts, MD, asisten profesor di Harvard Medical School di Boston.

Begini cara menghitung tendangan bayi:
* Pilih waktu dalam sehari di mana bayi terasa paling aktif, biasanya setelah Anda ngemil atau makan makanan ringan.
* Begitu Anda tahu bayi sedang terbangun, duduklah dengan kaki terangkat, atau berbaring miring. Lalu, mulailah menghitung gerakannya. Tonjokan dan kibasan tangan, menggeliat, berputar, atau bergulung, bisa dianggap sebagai tendangan.
* Hitunglah jumlah menit yang dibutuhkan untuk 10 tendangan. Download grafik hitungannya di firstcandle.org.

Menghitung tendangan bayi biasanya membutuhkan 10-15 menit, tapi juga bisa mencapai dua jam. Kalau Anda tergolong overweight, biasanya akan lebih sulit merasakan tendangan si kecil. Tendangan bayi juga tidak akan begitu terasa ketika kehamilan Anda semakin tua, karena bayi makin kekurangan tempat untuk bergerak.

Jika Anda menghabiskan dua jam lebih untuk menghitung 10 tendangan, coba kunjungi dokter agar ia bisa memeriksa detak jantung bayi. Mungkin sedikit mengkhawatirkan, namun lamanya waktu tersebut tidak menunjukkan adanya penyebab mendasar dari berkurangnya gerakan bayi.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler